Safety

MHU Safety Managemen System (MSMS)


Sistem MSMS terdiri dari 15 Elemen serta dibuat dalam format panduan Manual dan Standart. Elemen-elemen tersebut sebagai berikut :

No
No Elemen

Judul Elemen

1
Elemen 1
Organisasi dan Kepemimpinan
2
Elemen 2
Komunikasi
3
Elemen 3
Inspeksi
4
Elemen 4
Observasi Tugas
5
Elemen 5
Investigasi dan Analisis Kecelakaan
6
Elemen 6
Standar, Prosedur, Peraturan, dan Disiplin
7
Elemen 7
Kesiapan Dalam Keadaan Darurat
8
Elemen 8
Pelatihan
9
Elemen 9
Kesehatan Pekerja dan Ergonomi
10
 Elemen 10
Rancangan Rekayasa, Plant Manajemen, Pembelian dan Metode Pengendalian
11
Elemen 11
Seleksi dan Penempatan
12
Elemen 12
Alat Pelindung Diri
13
Elemen 13
Sistem Evaluasi
14
Elemen 14
Pemantauan dan Perindungan Lingkungan
15
Elemen 15
Keselamatan Diluar Lingkungan Kerja

Dalam mempelajari MSMS diperlukan kerjasama dari seluruh karyawan, yaitu :
Partisipasi, Komitmen, dan Konsisten


Identifikasi Bahaya & Penilaian Resiko (IBPR)

Bahaya : suatu benda, bahan, kegiatan ( tindakan ) atau kondisi yang bisa mengakibatkan (mengandung potensi) cedera, kerusakan, dan atau kerugian dalam derajat apapun.

Inciden : peristiwa yang tidak diinginkan, tidak terkontrol, tidak direncanakan yang dapat menimbulkan kerugian, luka, kerusakan harta benda dalam derajat apapun.

Resiko : kesempatan bertemunya dua atau lebih bahaya yang menyebabkan kerugian dalam derajat apapun.


Penilaian Resiko

Resiko adalah perkalian dari Kemungkinan (P), Keparahan (S), Kekerapan (F)

R = P x S x F

Kemungkinan adalah besarnya kesempatan terjadinya inciden akibat  bahaya nilai dariya tersebut.

Keparahan adalah tingkat keparahan yang mungkin terjadi jika bahaya tersebut menjadi insiden yang menyebabkan terjadinya cedera, kerusakan atau kerugian.

Kekerapan adalah seberapa sering hal bahaya itu ditemui sehari-hari secara normal, dan seberapa banyak orang yang mungkin berada dalam atau terkena dampak kondisi bahaya tersebut.

Daftar nilai dari Kemungkinan, Keparahan, dan Kekerapan




 

Nilai Keterangan (Kemungkinan)

1 Kemungkinan kecil untuk terjadi

2 Kemungkinan di bawah rata-rata

3 Mungkin (rata-rata)

4 Kemungkinan besar terjadi

5 Pasti akan terjadi




Nilai Keterangan (Keparahan)

1 Cedera ringan / property damage < US$ 100

2 Loss Time Injury tanpa cacat tetap / property damage US$ 100 - 1000

3 LTI dengan cacat tetap / property damage US$ 1000 - 5000

4Cedera fatal 1 orang / property damage US$ 5000 - 10000

5Cedera fatal lebih dari 1 orang / property damage > US$ 10 000








 
 


Nilai

Keterangan (Kekerapan)

1
Sedikit orang / unit, sekali dalam setahun
2
Beberapa orang / unit, dalam sebulan
3
Beberapa orang / unit, dalam seminggu
4
Sedikit orang / unit, sekali dalam sehari
5
Banyak orang / unit, beberapa kali dalam sehari
 
 Setelah di dapat Nilai Resikonya, lihat tabel dibawah ini :



 Nilai Resiko
Kode Bahaya
ari unitArti Kode
Tindakan Yang Dilakukan

75 - 125
AA
Sangat Bahaya
Stop dan perbaiki saat itu juga
32 - 74
A
Berbahaya
Maksimal diperbaiki dalam 24 jam
18 - 31
B
Sedang
Maksimal diperbaiki dalam 3 hari
2 - 17
C
Ringan
Perbaikan boleh diluar waktu 3 hari
 
Contoh Kasus :
Kita akan menilai resiko dari kondisi dibawah ini :
Unit buldozer dengan kondisi olie mesin kurang (pada stick, level, olie pada ujung stick).
 
Seberapa besar resiko dari unit tersebut untuk terjadi "jamed"
 
Nilai dari Kemungkinan      =  4 (Kemungkinan besar terjadi)
Nilai dari Keparahan          =  5 (Karena harga engine . US$ 10 000)
Nilai Kekerapan                =  5 (Dengan dasar seluruh init dozer)
 
Sehingga Nilai dari RESIKO = 4 x 5 x 4 = 80
 
Angka 80 terletak pada range 75 - 125, dengan kode bahaya AA (sangat bahaya), sehingga unit tersebut tidak boleh dioperasikan (stop) dan harus diperbaiki saat itu juga.


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar